Published On: Fri, Jul 27th, 2012

Pemerintah Sudah Lunasi Pembayaran Tank Leopard

Bungas.com -Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyatakan telah melunasi pembayaran Main Batle Tank (MBT) Leopard dari Jerman sebanyak 100 unit. Dan pada bulan Oktober 2012, sudah bisa dipastikan sebanyak 15 unit tank akan tiba di Indonesia.

“Pada Oktober 2012, bertepatan HUT TNI, Anda sudah akan melihat 15 unit Tank Leopard,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan, Brigjen TNI Hartind Asrin menanggapi kekhawatiran DPR akan terganggunya pembelian tank Leopard akibat penolakan sebagian anggota parlemen Jerman, di Jakarta, Jumat (27/7).

Menurut dia, kedatangan tank berbobot 60 ton itu akan terus berlangsung hingga total 100 unit sampai 2014 mendatang. Penolakan sebagian anggota parlemen, terutama dari partai oposisi, tidak menggangu proses pembelian tank tersebut. “Penolakan itu memang ada, namun hanya dalam diskusi kecil. Tapi, tidak membuat pembelian tank menjadi batal,” jelas Hartind.

Sebanyak 15 tank yang akan di tahap pertama rencananya akan ditempatkan di wilayah Jawa. Namun, tak menutup kemungkinan tank yang datang kemudian akan dikirim ke daerah-daerah perbatasan. “Kita sedang mempersiapkan kapal untuk mengangkutnya jika memang akan ditempatkan di sana,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, laman “Spiegel Online” konsisten memberitakan bahwa anggota parlemen senior dari Partai Hijau Katja Keul menyatakan, Jerman tidak bisa menjual tank Leopard pada Indonesia mengingat masih banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin juga pernah mengatakan penolakan parlemen Jerman itu harus disikapi hati-hati oleh pemerintah Indonesia maupun Jerman.

info: tank leopard tni, kabar terbaru tni, kedatangan tank leopard ke indonesia, kedatangan tank leopard, kabar tni terbaru, kedatangan leopard, kedatangan leopard tni, leopard tni, kabar terkini tni

About the Author

Komentar Anda

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>